Open Journal System merupakan Aplikasi Web untuk menghimpun tulisan ilmiah, makalah, proses peer-review dan penerbitan Jurnal Ilmiah secara elektronik dengan mengedepankan akses terbuka (Open Access), dikutip dari Public Knowledge Project (PKP):

Open Journal Systems (OJS) is a journal management and publishing system that has been developed by the Public Knowledge Project through its federally funded efforts to expand and improve access to research.

OJS sudah beberapa kali release versi 1 dan 2, sekarang sudah versi 3 yang release pada medio 2019. OJS 3 merupakan versi yang paling baru lebih stabil, mudah digunakan, dan lebih aman.

OJS saat ini sudah rilis versi 3.0.2.

update OJS rilis versi terbaru 3.1.2.0

Update OJS versi teranyar 3.2.0

Release (February 28, 2020)

Update OJS versi terkini 3.2.1-1

Release (June 26, 2020)

Didukung fitur baru yaitu:

  1. Tampilan Administrator Baru: Tampilan frontend cukup eye-catching berbasis Bootstrap) dan user-friendly.
    tampilan admin ojs 3.0

    Tampilan administrator OJS 3.2

  2. Editorial Discussions: Fitur ini digunakan untuk Editor, Section Editor, Copy Editor, Layout Editor, Proofreader, dan pihak yang terlibat dalam suatu naskah untuk membahas proses dan tindakan yang akan diambil terhadap naskah tersebut.
  3. Flexible Workflow: Alur kerja pada OJS 3 menjadi sangat fleksibel dibandingkan dengan versi 2 dimana proses submission sampai dengan publish harus terurut. Sedangkan pada OJS 3, proses submission dapat segera dilanjutkan ke proses production dengan klik tombol “ Send to Production” (proses production merupakan fitur baru yang ada di OJS 3)
  4. Flexible Roles: Menambahkan role pada user yang sudah ada atau user baru dengan mudah.
  5. Flexible Task Access: Jika pada versi sebelumnya (Versi 2) untuk change role harus masuk ke menu “User Home” lalu kemudian memilih role yang diinginkan kemudian kembali lagi ke menu “User Home” (Ribet Bro!), maka pada versi 3 dapat langsung akses sebagai Editor, Section Editor, ataupun Layout Editor (disesuaikan dengan permission role-nya, Lihat Poin 3)
  6. Submission Files: Proses upload lebih fleksibel lagi, ketika upload file utama (manuscript) dapat ditambahkan juga file tambahan (supplementary files) tanpa harus masuk ke tahap submission berikutnya (seperti pada versi 2)
  7. Customizable Interface: Tampilan CSS yang mudah dicustom, karena pada versi 3 Tampilan administrative dan Tampilan reader CSS-nya dibedakan, sehingga memudahkan untuk coding pada tampilan yang difokuskan

  8. Enhanced Theming: Memilih dengan cepat kombinasi huruf alternatif dan warna header yang diinginkan. OJS 3 juga mendukung upload bootstrap themes yang memungkinkan membuat themes yang unik.

  9. Responsive Design: Perubahan besar lainnya adalah themes yang responsives dalam mengadaptasi screen sizes dari ponsel, tablet, maupun desktop.

  10. Simpler Registration: Proses pendaftaran lebih serderhana dari OJS 2 ini terlihat dari form registrasi yang lebih simpel.

OJS menjadi standarisasi Aplikasi berbasis web bagi Pengelola Jurnal-jurnal Ilmiah yang ada di Satuan Kerja dibawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang nantinya akan berpengaruh pada proses akreditasi yang awalnya dikerjakan secara manual menjadi secara elektronik.

Kustomisasi Template OJS

Tampilan awal OJS 3 setelah diinstall cukup sederhana, simple dan kurang menarik untuk dilihat. Berikut tampilan default OJS 3.2:

tampilan ojs 3.2.1-1

Dengan mempergunakan jasa kami, tampilan template OJS 3.2 telah dimodifikasi dengan sebaik-baiknya mengikuti penilaian Akreditasi. Kami merupakan salah satu tim IT pada jurnal JKP milik Bapeda Provinsi Kalimantan Selatan. Sehingga kami tahu banyak seperti apa jurnal yang mengikuti penilaian Akreditasi.

Apa saja yang di Kustomisasi?

Banyak yang bisa kami lakukan untuk membuat tampilan OJS Anda menjadi lebih rapi dan menarik. Sedikit detail yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

  • Merapihkan tampilan tempalte OJS
  • Desain header OJS yang ciamik
  • Penambahan menu (unlimited)
  • Dual Bahasa (Inggris/Indonesia)
  • Informasi Pengunjung/ Visitors (statcounter)
  • + Custom Block Template
  • + Custom Block Tools
  • Penambahan logo indexing
  • Penambahan logo Tools
  • Submit ke Google Search Console untuk indexing Google
  • Submit peta situs (xml sitemap)
  • Penambahan Link WA pada Logo WhatsApp (opsional)
  • dan lain-lain.

Tampilan OJS 3.2 yang sudah di kustomisasi

This slideshow requires JavaScript.

 

Selain jasa install dan setup OJS 3.2, kami juga melayani upgrade atau update OJS dari versi 3.0, 3.1 ke versi terbaru 3.2

Portofolio Klien

Beberapa sampel klien yang sudah order OJS / Prosiding ke kami :

https://jemhrd.com

https://jiemar.org

www.ejournal.tebarscience.com

www.jameb.stimlasharanjaya.ac.id

jkpjournal.kalselprov.go.id

agrotech.jurnalpertanianunisapalu.com

abditani.jurnalpertanianunisapalu.com

Harga

Untuk biaya install dan setup OJS, hosting, domain dan kustomisasi OJS mulai Rp. 200.000,-

Selengkapnya mengenai harga OJS 3.2 silahkan lihat link dibawah ini:

Harga Pembuatan OJS 3.2

Silahkan kontak kami untuk permintaan demo OJS 3.2 dan portofolio yang lainnya.

 

Baca juga:

Jasa Pembuatan Perpustakaan Online

Jasa Pembuatan SIAKAD Feeder Dikti

Jasa Pembuatan Repository Eprints